Perangkat
Eksternal/Peripheral
Pengertian
peripheral
Peripheral adalah hardware tambahan yang disambungkan ke komputer, biasanya dengan bantuan kabel ataupun sekarang sudah banyak perangkat
peripheral wireless. Peripheral ini bertugas membantu komputer menyelesaikan tugas
yang tidak dapat dilakukan oleh
hardware yang sudah terpasang didalam
casing.
1. Peripheral utama
(main peripheral)
Yaitu peralatan yang harus ada dalam mengoperasikan komputer. Contoh
peripheral utama yaitu:
monitor, keyboard dan
mouse.
2. Peripheral pendukung (auxillary
peripheral)
Yaitu peralatan yang tidak mesti ada dalam mengoperasikan komputer tetapi diperlukan untuk kegiatan tertentu. Contohnya yaitu: printer, scanner, modem, web cam dan lain-lain.
Peripheral input
a.
Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan
data dengan komputer.
Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai
media bagi
user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya
yang diperlukan, seperti menyimpan
file dan membuka
file. Keyboard sekarang
yang kita kenal memiliki beberapa jenis
port, yaitu
port serial, ps2, usb dan
wireless.
b.
Mouse
Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan
pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan
keyboard.
c.
Touchpad
Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan
yang sejenis yaitu
pointing stick dan
trackball. (Zulkarnain,
2012)
d.
Light Pen
Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan
screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer
yang kemudian direkam, dimana layar
monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris
per detik.
e.
Joy Stick dan
Games Paddle
Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan
games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol
yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.
f.
Barcode
Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode
yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal
vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku.
g.
Scanner
Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk. Fungsi
scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan
scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui
monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk
file text maupun
file gambar. Selain
scanner untuk gambar terdapat
pula scan yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar jawaban komputer.
h.
Mikropon
dan
Headphone
Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara. Dengan mikropon, kita dapat merekam suara ataupun dapat berbicara kepada
orang yang kita inginkan pada saat chating
i.
Graphics Pads
Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan menggunakan
Graphics Pads. Graphics pads ini merupakan input masukan untuk menggambar objek pada monitor. (Zulkarnain, 2012)
Peripheral Output
a.
Monitor
Monitor adalah periferal komputer yang digunakan untuk menampilkan data yang sedang diproses oleh sistem komputer yang selanjutnya ditampilkan kepada user.
Secara umum,
monitor terdiri atas dua jenis yaitu
LCD Monitor (Liquid Cristal Display) dan CRT Monitor (Catoda
Ray Tube). Jenis
monitor yang paling baik digunakan adalah jenis
LCD karena memiliki radiasi sinar
yang lebih rendah dan lebih hemat listrik dibandingkan dengan
CRT.
b.
Printer
Printer adalah perangkat output yang digunakan untuk mencetak
data pada dokumen
yang biasanya berupa kertas.
Printer sekarang, bukan hanya sebagai penetak dokumen saja, namun sudah dilengkapi dengan
scanner dan alat
lain seperti
card leader, LAN an sebagainya.
Printer terdiri atas beberapa jenis yaitu Buble
Jet, Laser Jet, Ink Jet, Dot Metric, Dye Sublimation. Dari sekalian jenis
printer tersebut
yang memiliki kecepatan cetak
paling tinggi adalah
Laser Jet yang menggunakan
Toner sebagai “Tinta”.
(Audianingrum,
2013)
c.
Plotter
Plotter merupakan jenis printer yang dirancang secara khusus guna menghasilkan
output komputer
yang berupa gambar ataupun grafik. Dengan menghubungkan
plotter pada sistem komputer, maka pelbagai bentuk gambar akan dapat disajikan secara
prima. Landscape-arsitektur banyak menggunakan
plotter guna menghasilkan gambar
landscape, potongan pohon, ataupun untuk membantu memvisualisasikan efek dari segala kegiatan
yang ada.
(Muhammad Ghufron,
2013)
d.
Speaker
Speaker adalah peralatan output pada komputer yang berfungsi ;untuk mengeluarkan
output berupa suara.
Speaker akan terhunbung dengan soudcard pada komputer
agar bisa menerima hasil
proses berupa suara dari komputer.
Speaker adalah peralatan
output pada komputer
yang berfungsi ;untuk mengeluarkan
output berupa suara.
Speaker akan terhunbung dengan soudcard pada komputer
agar bisa menerima hasil
proses berupa suara dari komputer.
Speaker adalah peralatan
output pada komputer
yang berfungsi ;untuk mengeluarkan
output berupa suara.
Speaker akan terhunbung dengan soudcard pada komputer
agar bisa menerima hasil
proses berupa suara dari komputer.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar